Pembagian BLT-Dana Desa Periode Januari - Maret 2023

  • Apr 17, 2023
  • 45.KRANGGAN.NGAJUM
  • Seputar Kegiatan Pemdes

Kamis, 13 April 2023 Pukul 09.00 WIB Pemerintah Desa Kranggan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur di Balai Desa Kranggan Jalan Raya Keronggoan No. 03  RT. 001 RW. 005 Dusun Kranggan melaksanakan pembagian Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT-Desa) Tahap I untuk kegiatan bulan Januari, Februari dan Maret 2023.

Kegiatan ini merupakan pencairan Dana Desa (DD) yang pertama di tahun 2023. Adapun jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berjumlah 88 KPM dengan penerimaan sebesar Rp 900.000,- (Sembilan Ratus Ribu Rupiah) per KPM untuk pencairan bulan Januari, Februari dan Maret 2023. Adapun syarat pengambilan bantuan tersebut sesuai surat undangan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Desa Kranggan pada tanggal 13 April 2023 adalah sebagai berikut:

  1. Membawa Surat Undangan dari Pemerintah Desa Kranggan
  2. Membawa Fotokopi KK/KTP KPM
  3. Pengambilan tidak boleh diwakilkan, kecuali dengan keluarga yang masih 1 KK.

Dalam pembagian tersebut hadir Kepala Desa Kranggan Bapak Mochamad Yasin beserta Perangkat Desa dan Staf Desa, BABINSA Desa Krangan Bapak Imam Sya’roni, Bhabinkamtibmas Desa Kranggan Bapak Ahmad Jeprian Ardiansyah, PLD Desa Kranggan Bapak Muzammil, dan Pendamping Teknis Kecamatan Ngajum Bapak Yudi Nuryaman. Dalam sambutan Kepala Desa Kranggan berpesan kepada KPM BLT-DD agar memaksimalkan penggunaan bantuan ini untuk kepentingan dan kebutuhan pokok terlebih dahulu daripada kepentingan yang lain. Apalagi dalam menjelang Lebaran 1444 H tentunya kebutuhan masyarakat meningkat.

BLT-DD ini adalah pencairan tahap pertama untuk tiga bulan dengan jumlah Rp 300.000,-/bulan (Tiga Ratus Ribu Rupiah). Perlu diketahui bersama bahwa kami Pemerintah Desa Kranggan hanya melaksanakan amanat dari Pemerintah Pusat dalam menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Desa yang bersumber dari Dana Desa (APBN) di Tahun ketiga masa pandemi ini, yang juga termaktub dalam Permendesa Nomor 8 Tahun 2023 untuk pengelolaan keuangan desa, yakni penggunaan untuk BLT Dana Desa maksimal 25% dari pagu Dana Desa. 

Sambutan kedua dari FORKOPIMCAM Kecamatan Ngajum yang diwakili oleh BABINSA dengan nada sama agar dapat menggunakan bantuan ini untuk dimanfaatkan dengan baik.

Dalam penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tersebut langsung dibagikan oleh Bapak Kepala Desa Bapak Mochamad Yasin, Kaur Keuangan Desa Kranggan Ibu Via Qurrotu Aini dan Kasi Kessos Bapak Zubaeri Ahmad, S.Pd dan didampingi langsung oleh perwakilan FORKOPIMCAM Kecamatan Ngajum dalam upaya pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan sampai kegiatan tersebut tuntas.