Pembentukan Rumah Desa Sehat (RDS) Desa Kranggan, Mewujudkan Warga Sehat Desa Sehat

  • May 14, 2023
  • 45.KRANGGAN.NGAJUM
  • Seputar Kegiatan Kelembagaan

Kamis, 11 Mei 2023 - kranggan-malangkab.desa.id – Musyawarah Desa (MUSDES) Rumah Desa Sehat (RDS) Desa Kranggan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang Kamis, 11 Mei 2023 di Aula Balai Desa Kranggan. Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2018 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019, diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Salah satu program untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa dalam bidang kesehatan yaitu pembentukan Rumah Desa Sehat (RDS). Perencanaan dan Kegiatan yang Prioritas Pada Rencanan Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Desa Kranggan tahun anggaran 2023.

Dalam menyikapi masalah ini, Pemerintah Desa Kranggan Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang melalui Musyawarah Desa (MUSDES) menghadirkan Unsur TP. PKK, Kader Kesehatan, Kader Pemberdayaan Manusia (KPM), Karang Taruna, Bidan Desa, LPMD, Tomasy/Toga, Pimpinan BPD dan Anggota BPD dan Perangkat Desa telah sepakat membentuk Kepengurusan dan Sekretariat Rumah Desa Sehat (RDS).

Kepala Desa Kranggan Mochamad Yasin menyampaikan rasa terima kasih dan optimismenya agar pŕogram baru desa dalam bidang kesehatan ini dapat berjalan dengan selaras sesuai dengan program pemerintah, meminta kepada pengurus RDS Untuk dapat berperan aktif dalam perencanaan dan pendampingan bidang kesehatan, menghimbau kepada warga masyarakat Desa Kranggan agar selalu menerapkan prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan sekaligus menetapkan Keputusan Desa Kranggan Nomor : 188.4/013/KEP/35.07.20.2005/2023 tentang Pembentukan Pengurus Rumah Desa Sehat (RDS) dengan struktur kepengurusan sebagai berikut :

NO.

NAMA

KEDUDUKAN DALAM PENGURUS

UNSUR

KET.

1.

MOCHAMAD YASIN

Pembina

Kepala Desa

 

2.

ADIN PANGAYOM, S.Pd

Koordinator

Sekretaris Desa

 

3.

SUSANTI RAHAYU

Sekretaris

TP. PKK

 

4.

ENI SETIOWATI

Bendahara

Kader Posyandu

 

5.

MISTI’AH

Anggota

Kader Posyandu

 

6.

EVRIN ANGGASARI, A.Md.Keb

Anggota

Bidan Desa

 

7.

YAUNI

Anggota

KPM

 

8.

ISMI NURHIDAYAH

Anggota

Guru TK/PAUD

 

9.

ROFIATUL FARIDA

Anggota

Karang Taruna

 

 

Koordinator yang ditunjuk Adin Pangayom, S.Pd (Sekretaris Desa Kranggan) dalam materinya menyampaikan tugas dan fungsi Prngurus RDS sebagai berikut :

  1. menyusun program dan rencana tahunan Rumah Desa Sehat;
  2. memberikan informasi pelayanan sosial dasar kepada masyarakat khususnya bidang kesehatan;
  3. menyediakan ruang literasi kesehatan kepada masyarakat;
  4. memberikan pertimbangan dan advokasi kebiajkan pembangunan Desa dibidang kesehatan;
  5. melakukan pembinaan dan pengembangan Kader Pembangunan Manusia (KPM);
  6. bertanggungjawab mengelola pembiayaan yang bersumber dari APB Desa, APBD Kabupaten/Provinsi, dan/atau sumber pendapatan lain yang sah; dan
  7. melaporkan program kerja tahunan yang telah dilaksanakan.

Yudi Nuryaman selaku pendamping Kecamatan Ngajum dalam sambutannya menyampaikan “Tujuan dibentuknya RDS adalah sebagai forum untuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan sekaligus pencegahan dan penanganan stunting, beliau juga memberikan pemaparan mengenai apa tujuan dibentuknya RDS ini salah satunya adalah untuk menekan angka stunting yang masih tinggi di Indonesia. Oleh sebab itu terkait dengan stunting mendatangkan dampak yang negatif baik dari segi personal maupun nasional.Stunting itu sendiri merupakan akibat gagal tumbuh dan gagal kembang yang di sebabkan oleh beberapa faktor antara lainnya: kurang gizi, penyakit, lingkungan yang tidak higienis. Oleh sebab itu melalui RDS serta pos pos posyandu dapat mewujudkan masyarakat desa kranggan yang sehat, dengan penyuluhan ķesehatan, penambahan makanan bergizi untuk balita. materi dapat di download disini

Pemateri inti Pertama dalam kegiatan ini adalah dari Puskesmas Ngajum Bu Denok menyampaikan secara detail tentang KAMPUNG CERIA DESA KRANGGAN (Care sEhat bERsih dan Asri”) materi dapat didownload disini

Pemateri inti kedua dari Pemerintah Kecamatan Ngajum, dalam hal ini langsung disampaikan oleh Bapak Camat Ngajum Akhmad Taufiq Juniarto, S.STP., M.M menyampaikan materi tentang Petujuk Teknis RDS (materi dapat di download disini)

Ketua BPD Desa Kranggan Munir, S.PdI dalam sambutannya Program Rumah Desa Sehat Desa Kranggan merupakan pendekatan terhadap permasalahan kesehatan yang langsung menyasar pada masyarakat luas khususnya berada di Desa Kranggan.

 

Rumah Desa Sehat  merupakan new program desa untuk mewujudkan warga sehat dan desa sehat. dimana Rumah Desa Sehat  ini di koordinasi oleh Pengurus RDS untuk mewujudkan Program Desa yang tepat sasaran dalam bidang kesehatan.

 

45.Kranggan