Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Dalam Kegiatan Membangun Desa (MMD) di Desa Kranggan Tahun 2023

  • Jul 05, 2023
  • 45.KRANGGAN.NGAJUM
  • Seputar Kegiatan Lain - Lain / Umum

Jum’at, 30 Juni 2023 pukul 08.30 WIB Mahasiswa Universitas Brawijaya tiba di Desa Kranggan,  Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Program Mahasiswa Membangun Desa ini merupakan program yang meningkatkan keterlibatan perguruan tinggi melalui mahasiswa untuk berperan aktif dalam kegiatan penguatan kapasitas sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat. Kegiatan ini dapat berupa penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan kegiatan lain yang bermanfaat bagi pembangunan desa.

Sebanyak 13 Mahasiswa Universitas Brawijaya dari kelompok 144 ikut beperan dalam kegiatan ini. Adapun susunan anggota kelompoknya adalah sebagai berikut :
 

NO

ASAL

NAMA

JURUSAN

1

Malang

MUHAMMAD THUFAIL IKBAR FANONY

Perpajakan

2

Malang

SAFANISA AZ-ZAHRA

Administrasi Publik

3

Kalimantan Timur

VEGI TITANIA PATRIADY

Ilmu Gizi

4

Bogor

NADIA AMIRA RAHMA

Manajemen Sumber Daya Perairan

5

Sukabumi

ALFITRA ARSA RIZKYA

Teknologi Hasil Perikanan

6

Kranggan

THOIFATUL FITRAH

Agroekoteknologi

7

Malang

MUHAMMAD BISRI MUSTOFA

Agroekoteknologi

8

Jakarta Timur

MUHAMMAD ARIF SYAIFUDDIN

Agroekoteknologi

9

Malang

SITI FARIDAH

Agribisnis

10

Malang

KISHI AISHA ZAFIRA

Arsitektur

11

Padang

HARIS NABIL PERDANA

Teknik Elektro

12

Malang

FIRDAUS KURNIA ABDILLAH

Teknik Pengairan

13

Malang

DECCA AYU FITRANTI

Manajemen Perhotelan

 

Senin, 3 Juli 2023 Pukul 10.00 WIB Kepala Desa Bapak Mochamad Yasin, Perangkat Desa, dan Staf Desa serta BABINSA Desa Krangan menyambut kedatangan Mahasiswa Universitas Brawijaya di Balai Desa Kranggan Jalan Raya Keronggoan No. 03 RT. 001 RW. 005 Dusun Kranggan. Kegiatan pertemuan ini, diawali dengan perkenalan dari Mahasiswa Universitas Brawijaya dan dilanjutkan dengan beberapa arahan yang diberikan langsung oleh Kepala Desa mengenai kondisi desa, peraturan desa dan lain sebagainya. Dalam kegiatan ini dipaparkannya beberapa program kerja yang akan dilaksanakan oleh Mahasiswa di Desa Kranggan. Adapun program kerja yang akan dilaksanakan sebagai berikut :

  1. UMKM Branding, UMKM branding merupakan kegiatan pelatihan yang diberikan kepada masyarakat yang memiliki UMKM meliputi pelatihan pemanfaatan E-commerce, pelatihan penggunaan platform sosial media, dan pelatihan digital branding. Kegiatan ini akan dibawakan oleh tiga orang yakni Nadia, Kishi, dan Arif serta akan dilaksanakan pada minggu kedua Bulan Juli.
  2. Gotong Royong dan Kerja Bakti, kegiatan ini mengangkat isu SDG's 12 yakni Desa sadar lingkungan bersih dan sehat. Ditanggungjawabi oleh Alfitra kegiatan ini akan dilaksanakan bersamaan dengan program bersih desa/dusun dalam acara besar Desa Kranggan tanggal 17 Juli 2023.
  3. Edukasi Pemanfaatan Limbah Pertanian dan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik, beberapa permasalahan limbah pertanian yang ada di wilayah Desa Kranggan haruslah segera ditangani, kegiatan ke-3 ini menjadi salah satu usaha untuk mengurangi permasalahan limbah pertanian tersebut. Kegiatan ini akan dibawakan oleh tiga orang yakni Bisri, Thufail, dan Faridah yang akan terjun langsung ke masing-masing dusun untuk berdiskusi bersama mengenai permasalahan limbah pertanian pada masing-masing dusun. Diskusi akan dilakukan bersama dengan kelompok tani masing-masing dusun dan akan dilanjutkan dengan pelatihan pengomposan pupuk organik serta edukasi penggunaan pupuk organik pada lahan pertanian. Kegiatan ini akan mulai dilaksanakan pada minggu pertama hingga minggu ke tiga Bulan Juli.
  4. Pembuatan Email Pelaku Usaha dan NIB, kegiatan ini akan ditanggungjawabi oleh Haris dengan melakukan pembuatan email serta pembuatan NIB pelaku usaha. Kegiatan ditargetkan langsung kepada para pelaku usaha UMKM produsen di Desa Kranggan. Harapannya masyarakat mampu memahami dan mengaplikasikan proses tahapan pembuatan email PU dan NIB.
  5. Sertifikasi Halal, sebuah produk sudah sangat semestinya memiliki sertifikasi yang legal dari lembaga resmi pemerintah. Oleh karena nya Vegi, Thoifa dan Safa menginisiasikan kegiatan ini untuk menjembatani para pelaku usaha untuk mendaftarkan produk hasil olahannya untuk mendapatkan sertifikasi halal. Kegiatan ini dilakukan mulai dengan pengenalan proses produk halal dan self declare, pencarian sertifikasi halal, serta pendataan bahan baku dan proses produksi yang dilakukan oleh masing-masing pelaku usaha. Kegiatan ini mulai dilakukan pada minggu kedua Bulan Juli.
  6. Pengoptimalan Jaringan Irigasi, Jaringan irigasi Desa Kranggan menjadi salah satu hal yang akan segera diperbaiki oleh pemerintah Desa Kranggan. Abdi sebagai salah satu anggota kelompok bertanggung jawab atas kegiatan sosialisasi dan implementasi desa bersih melalui penjaringan saluran irigasi dan sampah. 

Tentunya sangat diharapkan program kerja tersebut dapat terealisasikan dengan baik dan lancar sehingga dapat memberikan manfaat bagi pembangunan desa kedepannya. Kami selaku pemerintah Desa Kranggan siap sedia dalam membantu segala hal yang dibutuhkan oleh Mahasiswa Membangun Desa Kranggan Kelompok 144 ini.