Rembug Stunting Desa Kranggan Tahun 2023

  • Jul 28, 2023
  • 45.KRANGGAN.NGAJUM
  • Seputar Kegiatan Kelembagaan

Kranggan-malangkab.desa.id – Jumat, 28 Juli 2023, Rembuk Stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun berikutnya, dan juga menjadi amanat Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanganan stunting. Proses Rembuk stunting berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, PAUD, masyarakat Desa, dan unsur-unsur lainnya dengan pemerintah Desa untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Desa khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Desa.

Di dalam melaksanakan konvergensi intervensi untuk pencegahan stunting di tingkat Desa, rembuk stunting merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan untuk mengkonsolidasi usulan-usulan kegiatan berdasarkan data hasil pemetaan lima paket layanan yang telah dikumpulkan oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM). Rembuk stunting dilakukan melalui diskusi terarah untuk mendapatkan komitmen desa dan menyepakati kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memastikan konvergensi baik yang akan dilakukan pada tahun berjalan maupun untuk dimasukkan dalam RKP Desa tahun berikutnya.

Di Desa Kranggan, kegiatan Rembug Stunting tahun 2023 ini dilaksanakan pada Jumat, 28 Juli 2023 di Balai Desa Kranggan dengan rangkaian acara sebagai berikut :

PEMBUKAAN

MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA

SAMBUTAN BAPAK KEPALA DESA KRANGGAN (MOCHAMAD YASIN) :
Assalamu’alaikum, selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua. Bapak/Ibu tamu undangan yang berbahagia hari ini Bapak/Ibu menghadiri undangan tentang Rembug Stunting. Apa itu tentang stunting nanti akan dijabarkan langsung oleh Ibu Nasum kita Bu Mayang dari PKM Ngajum. Semoga ilmu yang disampaikan beliau dapat bermanfaat untuk kita nantinya dan bisa kita terapkan dalam perawatan dan pengasuhan pada balita yang baik dan benar. Demikian yang dapat saya sampaikan bila ada kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

SAMBUTAN BAPAK PENDAMPING LOKAL DESA (MUZAMMIL) :
Assalamu’alaikum Bapak/Ibu tamu undangan yang berbagia. Semoga Rahmat Allah SWT selalu menyertai disetiap langkah kita. Bapak/Ibu hadiran disini kita diundang untuk mengikuti pelatihan tentang Rembug Stunting, yang mana sudah saya jelaskan di tahun 2022 bahwa program ini memang penting dan minimal harus diadakan 2 (dua) kali dalam setahun. Saya rasa program kegiatan apapun di Desa Kranggan ini sudah bagus, dan banyak yang diupload di dalam SOSMED, monggo untuk Bapak/Ibu untuk kegiatan tersebut bisa di like dan di subcribe dan dibagikan supaya Desanya bisa dikenal secara luas oleh masyarakat sekitar.

MATERI DENGAN NARASUMBER DARI PKM NGAJUM (ZANA EKA MAYANG SARI, S.Tr Gz) :
Assalamu’alaikum wr. wb. Yang terhormat Bapak Kepala Desa beserta jajarannya, yang terhormaat Ibu TP PKK Desa beserta pengurus, serta Ibu - ibu Kader Desa Kranggan yang berbahagia. Disini saya ucapkan terima kasih banyak karena saya dipercaya untuk mengisi kegiatan Rembug Stunting yang ada di Desa Kranggan. Bapak/Ibu sekalian, saya rasa istilah stunting ini sudah tidak asing lagi bagi kita nggih. Apa sih itu stunting?
Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis yang ditandai dengan tinggi badan balita berada dibawah standart.
Pencegahan stunting dapat dilakukan dengan cara menerapkan pola asuh, pola konsumsi, Kesehatan diri/lingkungan, sosial budaya, ekonomi keluarga dengan baik dan benar.
Dikatakan bebas stunting jika memiliki kriteria A,B,C,D,E, yaitu
A = aktif minum TTD (tablet tambah darah)
B = bumil periksa dengan teratur
C = cukupi konsumsi protein hewani
D = datang posyandu setiap bulan
E = eksklusif ASI 0-6 bulan, dan dilanjutkan hingga umur 2 tahun

Materi lengkap dapat DIUNDUH DISINI