Kranggan yang Agamis

  • Mar 08, 2023
  • 45-Kranggan.Ngajum
  • Seputar Kegiatan Keagaman, Sosial & Kemasyarakatan

Minggu, 05 Meret 2023

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwasanya kegiatan sosial keagamaan di Desa Kranggan sangatlah luar biasa. Pada Minggu, 05 Maret 2023, di Desa Kranggan diselenggarakan 2 (dua) kegiatan keagamaan sekaligus,yakni untuk Warga Nahdliyin diselenggarakan Majlis Taklim Tingkat MWC NU Kecamatan Ngajum di Masjid Baitul Muttaqien Dusun Kemuning Desa Kranggan. Acara ini dihadiri oleh para Pengurus MWC NU Ngajum, para Kyai, Ranting NU Desa se Kecamatan Ngajum, Banom dan Lembaga NU se Kecamatan Ngajum. Sebagai tuan rumah Pengurus Ranting NU Desa Kranggan yang dikomando oleh Ust. Moelyadi selaku Tanfidziyah dan Ust. Samsul Arifin selaku Syuriyah telah berhasil menyelenggarakan kegiatan sesuai dengan rencana dan juga sekaligus kegiatan penutupan sebelum datangnya Bulan Suci Ramadhan. Susunan Acara pada kegiatan dimaksud antara lain :

  1. pembukaan oleh Sholikin
  2. Qori' oleh Adzan Firmansah
  3. Sambutan Takmir Masjid oleh Matasir
  4. Sambutan Ketua Ranting Kranggan oleh Moch. Moelyadi 
  5. Sambutan Ketua Tanfidziyah MWC NU Ngajum Agus Moh. Maksum Habibi, menyampaikan kutipan dari Habib Lutfi bin Yahya bahwasanya organisasi NU ini bukan hanya untuk membahas tentang amaliyah - amaliyah semata tetapi tugas dan fungsi Struktur Organisasi mulai tingkat Ranting sampai tingkat PB harus bahu membau dalam kemaslahatan umat
  6. Acara inti pembacaa Kitab Tanfi'ul Ghofilin oleh Agus Mawang Hani Wijaya, Lc. dengan materi Bab Ghibah
  7. Doa Penutup oleh KH. Kholidul Adhar, Kyai Burhanuddin Sholeh, KH. Muhaimin dan KH. Imam Dzarnudji

 dalam kegiatan penutup majelis ta'lim ini juga di hadiri Perangkat Desa Kranggan oleh Kasun Kemuning Bapak Yanto Hadi Mulyono, P2N (Mudin) Bapak Kalimin dan Kasi Kesra. Bapak Zubaeri Ahmad, S.Pd dan juga tokoh agama serta perwakilan jamaah dan amaliyah NU di Dusun Kemuning (jamaah tahlil, yasinan, khataman Al-Quran dan jamaah sholawat).

 

Di tempat terpisah, Sekretaris Desa Kranggan Adin Pangayom, S.Pd mewakili Bapak Kepala Desa Kranggan yang tidak dapat hadir karena menyambut Bapak Bupati Malang di Acara Peresmian Gapura Makam Dusun Sumberbeji, menghadiri acara Pertemuan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kecamatan Ngajum di Pura Eka Bhakti Luhur Dusun Kranggan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin bulanan di seluruh Wilayah Kecamatan Ngajum yang saat ini juga dihadiri oleh Pengurus Ketua WHDI Kab. Malang Ibu Suryati dan juga Seluruh Sie. Usaha dan Jasa WHDI Kab. Malang. Susunan Acara pada kegiatan dimaksud antara lain :

  1. Sembahyang Tri Sandya yang dipimpin oleh Romo Mangku Wasito didampingi oleh Romo Mangku Suwandi
  2. Pembukaan oleh Ibu Yarlik
  3. Sambutan Ketua WHDI Kecamatan Ngajum oleh Bu Misti'ah
  4. Sambutan Ketua WHDI Kab. Malang oleh Bu Suryati sekaligus Sosialisasi AD/ART WHDI Seluruh Indonesia
  5. Sambutan dan Perkenalan dari Sie. Usaha dan Jasa WHDI Kab. Malang sekaligus sosialisasi Program Kerja Sie. Usaha dan Jasa WHDI Kab. Malang
  6. Sambutan Kepala Desa Kranggan yang diwakili oleh Sekretaris Desa Kranggan
  7. Penutup dan Doa oleh  Romo Mangku Wasito

Akhirnya, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasar Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika, Desa Kranggan merupakan salah satu contoh nyata keberagaman yang menyatu dalam harmoni yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

#45